Minggu, 29 Juni 2014

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Khawatir



Khawatir adalah respon wajar terhadap kesulitan dan tantangan hidup. Hal ini bahkan sehat jika rasa khawatir tersebut tidak berlebihan karena dapat membantu kita untuk membuat keputusan yang lebih baik dengan menganalisis skenario yang berbeda. Namun, ketika khawatir menjadi kronis maka dapat berdampak negatif pada kualitas hidup Anda.
Itulah mengapa penting untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi masalah yang menyebabkan Anda khawatir. Menghindari masalah hanya membuat keadaan menjadi lebih buruk! Anda perlu menentukan apa yang membuat Anda  sangat khawatir dan kemudian fokus pada solusi untuk meringankan beban Anda. Simak tips berikut untuk membantu Anda melakukan hal itu.
Ambil tindakan korektif
Ambil pena dan kertas lalu buat daftar hal-hal yang menyebabkan Anda sangat khawatir. Kemudian buat langkah-langkah realistis untuk membantu memperbaiki atau mengubah situasi mengkhawatirkan ini. Anda akan terkejut  saat menuliskan kekhawatiran Anda dan mengetahui bahwa Anda sedang mencari solusi yang dapat membantu Anda untuk merasa lebih baik. Kuncinya adalah untuk merencanakan dengan baik. Benar-benar menganalisis setiap item pada daftar Anda dan mencoba untuk memecahnya menjadi langkah-langkah yang harus dikelola.
Apa kemungkinan terburuk?
Kekhawatiran sering membuat Anda khawatir atas hal-hal yang belum terjadi atau mungkin tidak akan terjadi. Lakukan langkah logis, pendekatan realistis dan tentukan kemungkinan hasil terburuk dari situasi Anda dan kemudian bertanya pada diri sendiri, seberapa besar kemungkinan ini benar-benar terjadi? Melakukan analisa ini akan membantu Anda menempatkan perspektif yang segar pada pikiran yang paling mengkhawatirkan dan menyedihkan.
Terima apa yang akan terjadi
Setelah Anda "asumsikan" kemungkinan terburuk Anda hanya perlu menerima bahwa apa pun yang akan terjadi, terjadilah. Ini mungkin terdengar pasrah, tetapi mengkhawatirkan itu tidak menyelesaikan apa-apa. Setelah Anda belajar untuk menerima situasi Anda dan tahu bahwa Anda aktif mencari solusi maka pikiran Anda akan tenang dan serahkan hasilnya pada Tuhan karena itu di luar kendali Anda.
Teknik menghentikan pikiran
Teknik menghentikan pikiran adalah proses sederhana menggunakan perintah STOP setiap kali rasa khawatir menghampiri pikiran Anda. Pada dasarnya Anda hanya menggunakan kata berhenti berulang kali untuk lebih menutup pikiran negatif, pikiran yang merusak diri sendiri. Kunci dari teknik menghentikan pikiran adalah konsistensi! Anda perlu membuatnya menjadi kebiasaan sehingga Anda sadar untuk mencegah rasa khawatir sebelum pikiran itu muncul.
Cari kesibukan
Rasa khawatir akan timbul saat Anda memiliki banyak waktu luang. Jika Anda membuat diri Anda terus memiliki kesibukan dan mental Anda di penuhi pikiran-pikiran positif  maka Anda dapat mengurangi rasa khawatir Anda.  Jika Anda merasakan diri Anda khawatir saat tidak memiliki kesibukan cobalah untuk membaca buku, melakukan kegiatan bersih-bersi, menelepon teman, pergi jalan-jalan, mencari solusi,  ermeditasi dan lain - lain, ini adalah cara-cara yang bagus untuk membuat pikiran Anda sibuk dan bebas dari kekhawatiran.
Fokus pada yang ada
Fokus pada yang ada artinya menjadi lebih sadar, untuk fokus pada saat ini dan sekarang. Anda mungkin pernah mendengar pepatah; "kemarin sejarah, besok misteri dan hari ini adalah hidup Anda “. Yah, itu benar! Dengan hanya berfokus pada saat ini Anda dapat menghapus emosi negatif seperti rasa bersalah, khawatir, marah atau dendam. Anda bahkan dapat mengunakan hati nurani yang jelas untuk mengetahui bahwa pilihan dan tindakan yang Anda buat sekarang adalah apa yang benar-benar menentukan masa depan Anda.
Bercerita
Bercerita dengan orang yang Anda percaya kadang-kadang dapat mengurangi rasa kekhawatiran Anda. Menceritakan ssesuatu yang ada di dada Anda benar-benar dapat membantu meringankan beban Anda dan mendapatkan pencerahan dari pihak ketiga  untuk membantu mengeksplorasi kemungkina solusi terbaru. Jika Anda merasa bahwa Anda sangat khawatir yang berlebihan maka mungkin bijaksana untuk mencari nasihat dari dokter karena terlalu khawatir dapat mewujudkan dan menyebabkan kecemasan.

Artikel Terkait

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Khawatir
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email